Bisnis Mudah Daftar 100% Gratis Kerja Gambang Hasil Luar Biasa. Isi: Hai ada bisnis menarik dan luar biasa dasyat nih!! Di sini kita bisa Mendapatkan Rp. 277.777.778.500,- Lebih Dengan Modal 100% GRATIS!! 100% MUDAH, 100% BEBAS RESIKO! Kerjanya? Sangat mudah! Untuk info Lengkapnya Kunjungi : http://gajigratis.com/?ref=pastiada

Sabtu, 18 September 2010

Pendatang Serbu Bali, 561 Dipulangkan

Negara (Bali Post) -
Puncak arus balik Lebaran terjadi Sabtu (18/9) kemarin. Sementara pemeriksaan identitas kependudukan (KTP) yang dilakukan di pintu masuk Pelabuhan Gilimanuk belum maksimal. Ini menyebabkan penduduk pendatang sebagian besar komenyerbu Bali. Petugas sudah maksimal menjalankan pemeriksaan KTP, namun masih saja ada pendatang tanpa KTP yang lolos hingga ke Denpasar.

Pemeriksaan sejatinya sudah ketat dan berlapis namun masih ada yang memanfaatkan jalur tikus untuk lolos. Bahkan, sejumlah personel kepolisian sesuai perintah dari Kapolda Bali ditempatkan di Pelabuhan Ketapang guna pemeriksaan kelengkapan identitas. Polisi juga melakukan penyisiran di atas kapal terhadap pendatang yang tidak mengantongi KTP.

Jalur tikus yang masih rawan adalah menyusuri tepian pantai dari dermaga hingga menuju ke Pasar Gilimanuk. Selain itu, para penumpang di bus dan truk yang luput dari pemeriksaan petugas Pos KTP. Para penumpang bus ini sengaja diminta oleh kru bus agar tidak turun dan bersembunyi guna menghindari pemeriksaan KTP. Begitu pula dengan pejalan kaki dan pengendara sepeda motor banyak yang berupaya mengelabui petugas Pos KTP.

Seperti yang terjadi Sabtu (18/9) kemarin, beberapa pendatang didapati menggunakan KTP orang lain. Namun upaya itu diketahui petugas dan mereka akhirnya dipulangkan. Rombongan mobil pelayan kafe di Denpasar dari Jawa Barat terpaksa juga harus menunggu lama lantaran sopirnya tidak membawa KTP. Petugas terpaksa memulangkan sopir beserta mobil suzuki APV yang dikemudikannya. Sedangkan rombongan cewek kafe itu dijemput dari Denpasar.

Dari data di Pos KTP Gilimanuk dari puluhan ribu pendatang yang masuk Bali sejak Sabtu (11/9) hingga Jumat (17/9) lalu, terjaring 781 pelanggaran kependudukan. Dari jumlah itu 561 orang di antaranya dipulangkan. Mereka boleh melanjutkan perjalanan lantaran tujuan ke Lombok ataupun alasan wisata di Bali. Beberapa di antaranya diperbolehkan ke Denpasar karena dijamin oleh warga yang tinggal di Bali.

Khusus untuk alasan penjaminan ini, petugas pos menyiapkan dua form. Form pertama bila penjaminnya instansi (Polisi, PNS, TNI dan lain-lain) serta form bagi penjamin warga biasa. Selain petugas dari Dafdukcapil dan Satpol PP, pemeriksaan KTP ini juga melibatkan Kominda, LSM serta TNI.

Lurah Gilimanuk, IGN Rai Budi mengatakan personel pemeriksaan di Pos KTP juga melibatkan Linmas Kelurahan Gilimanuk. Hal itu untuk mengantisipasi para pendatang yang naik ojek mengaku warga Gilimanuk. Pasalnya ada segelintir ojek yang memberi jasa pendatang melewati Pos KTP tanpa diperiksa dengan alasan warga Gilimanuk. ''Linmas ini kan tahu mana warga Gilimanuk atau bukan, kita harapkan bisa mengecek penumpang ojek agar tidak lolos begitu saja,'' tandasnya.

Selain itu terdapat tujuh pegawai dan lima Satpol PP. Pos pemeriksaan sempat mendapatkan bantuan dari Propinsi Bali sebanyak 10 orang, namun hanya saat pemeriksaan Jumat (17/9) malam lalu saja. Pihaknya berharap masalah pemeriksaan ini dilakukan bersama-sama baik provinsi dan pemkab lain ikut membantu. (sur)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar