Bisnis Mudah Daftar 100% Gratis Kerja Gambang Hasil Luar Biasa. Isi: Hai ada bisnis menarik dan luar biasa dasyat nih!! Di sini kita bisa Mendapatkan Rp. 277.777.778.500,- Lebih Dengan Modal 100% GRATIS!! 100% MUDAH, 100% BEBAS RESIKO! Kerjanya? Sangat mudah! Untuk info Lengkapnya Kunjungi : http://gajigratis.com/?ref=pastiada

Rabu, 01 September 2010

'Mahasisya Upanayana'' Ditutup
Prof. Titib: Jadikan IHDN Kampus Perdamaian
Bangli (Bali Post) -
Mahasisya Upanayana Institut Hindu Dharma Negeri (IHDN) Denpasar ditutup Selasa (31/8) kemarin. Dengan paradigma baru pendidikan, diharapkan IHDN dapat menjadi kampus perdamaian sekaligus menerapkan prinsip-prinsip Veda, kasih sayang dan persaudaraan dalam menerapkan pendidikan.

Rektor IHDN Denpasar Prof. Dr. I Made Titib, Ph.D. dalam sambutan mengatakan, IHDN memulai sistem pendidikan dengan paradigma baru, yakni bebas dari kekerasan dan bersih dari perpeloncoan. Prof. Titib mengimbau agar kampus IHDN dijadikan kampus kedamaian di mana setiap orang yang datang mendapatkan kedamaian dan ilmu pengetahuan.

Dikatakannya, upanayana merupakan tradisi Veda di masa lalu, di mana seorang calon sisya yang datang di sekolah atau gurukula disambut oleh guru dan dilakukan persiapan-persiapan untuk menempuh studi. Hal ini, kata guru besar Veda ini, ditradisikan di IHDN sejak dulu. Setelah dinyatakan tamat menempuh studi dilaksanakan samawartana.

Kata Prof. Titib, kegiatan upanayana di antaranya pengenalan kampus serta tugas dan kewajiban seorang mahasiswa. Pengenalan dosen dan seluruh staf juga dinilainya sangat penting agar terjalin hubungan yang sangat baik demi suksesnya pendidikan. Hubungan guru dan murid, katanya, seperti layaknya hubungan bapak-anak, yang dilandasi dengan kasih sayang, penghargaan dan persaudaraan. ''Karena pada hakikatnya kita adalah satu keluarga. Saya imbau mari kita meningkatkan rasa kekeluargaan, rasa persaudaraan. Prinsip-prinsip Veda, sistem pendidikan Hindu harus diterapkan,'' ujarnya.

Rektor juga menekankan semua pihak harus mengembangkan sikap susrusa -- mahasiswa baru harus dan wajib hormat kepada senior, pegawai, dosen bahkan kepada tukang kebun. Demikian pula meminta agar siswa aktif mengikuti unit kegiatan mahasiswa (UKM). Sejumlah UKM baru akan dibentuk seperti kewirausahaan, bahasa Sansekerta dan Hindu, seni lukis dan seni ukir. Kegiatan ini diawali dengan kegiatan manusa yajna berupa donor darah, penanaman pohon-pohon upakara, melepas burung dan berbagai kegiatan lainnya. Harapannya, dengan makin baiknya fasilitas yang disediakan kampus, diharapkan para mahasiswa jauh lebih cerdas, dan lebih maju dari angkatan sebelumnya bahkan lebih cerdas dari dosennya. Semangat untuk belajar, katanya, harus lebih baik dengan berbagai fasilitas dan kegiatan.

Penutupan berlangsung semarak. Cedil, Dadong Rerod dan Mang Pekak memeriahkan kegiatan dengan lawakan segar. Selain itu, diva pop Bali Dek Ulik juga menghibur dan memberikan semangat. Demikian pula, para mahasiswa dari masing-masing unit kegiatan, seperti Yoga dan seni unjuk kebolehan. Secara resmi, mahasiswa baru diterima sebagai keluarga dalam menempuh pendidikan di IHDN. (r)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar