Bisnis Mudah Daftar 100% Gratis Kerja Gambang Hasil Luar Biasa. Isi: Hai ada bisnis menarik dan luar biasa dasyat nih!! Di sini kita bisa Mendapatkan Rp. 277.777.778.500,- Lebih Dengan Modal 100% GRATIS!! 100% MUDAH, 100% BEBAS RESIKO! Kerjanya? Sangat mudah! Untuk info Lengkapnya Kunjungi : http://gajigratis.com/?ref=pastiada

Selasa, 24 November 2009

BAB I
PENDAHULUAN

1.2 Latar Belakang

Dewasa ini kebutuhan akan penggunaan sepeda motor untuk memperlancar aktivitas sehari-hari semakin meningkat hampir seluruh lapisan masyarakat mendambakan sepeda motor, sekan-akan sepeda motor telah menjadi kebutuhan primer dalam kehidupan sekarang ,hal ini juga berdampak terhadap penjualan helm.Seperti yang kita ketahui orang yang tidak mempunyai sepeda motor bisa juga memiliki helm,itu artinya kebutuhan helm masih lebih banyak dari pada sepeda motor.Keadaan seperti itu telah banyak masyarakat terdorong untuk mendidrikan suatu usaha di bidang jasa khususnya jasa pencucian sepeda motor atau kendaraan bermotor, sekarang ini telah banyak terdapat usaha jasa pencucian sepeda motor tapi kenapa masih jarang bahkan belum terdapat usaha jasa pencucian helm.Dengan keadaan seperti itu saya terdorong untuk mendirikan suatu usaha pencucian helm yang notabena untuk di Singaraja belum pernah saya jumpai.Selain itu secara luas untuk di Indonesia pengangguran dari tahun ke tahun semakin meningkat informasi terbaru dari ILO mengatakan pengangguran di indonesia diperkirakan bertambah dari 170.000 orang sampai 650.000 orang.Berikut ini kilasan beritanya.















Dengan gambaran seperti diatas setidaknya usaha yang akan saya dirikan dapat mengurangi jumlah pengangguran yang ada bila dibandingkan tidak ada usaha untuk mengurangi pengangguran itu sendiri. .
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 DESKRIPSI
Usaha ini terbilang baru khususnya di Singaraja bahkan juga di daerah lain usaha ini mengambil gambaran dari usaha laundry yang sudah tidak asing lagi dimasyarakat.Bila kita bandingkan usaha yang bergerak di bidang laundry tersebut bisa menyelesaikan ordernya dalam sehari dengan hasil yang cukup memuaskan,untuk itu saya akan coba hal tersebut diterapkan melalui rencana bisnis yang saya buat ini.Beberapa produk yang akan menjadi usulan nanti yaitu
a. Jasa pencucian helm yang menjadi prioritas utama dalam usaha ini.
b. Disamping melayani pencucian helm juga akan menjual pulsa sebagai usaha sampingan .
c. Produk yang juga saya tawarkan nanti yaitu penjualan minuman kemasan caranya yaitu melakukan kerjasama dengan agen penjualan minuman kemasan seperti sosro,coca-cola dan lain-lain.



2.2 PERKIRAAN ATAS LINGKUNGAN BISNIS
a. Lingkungan Ekonomi.
Lambat laun di Singaraja ini khususnya untuk perekonomian masyarakatnya semakin meningkat.Seperti yang kita ketahui masyarakat di Singaraja sebagian besar masyarakatnya bekerja ada yang menjadi sopir angkutan,ojek,pegawai negeri,serta pegawai swasta.dengan demikian rasanya untuk menyisihkan uang sebagai biaya pencucian helm masih terjakau, sedianya harga yang akan saya tawarkan yaitu Rp.5.000,00 per helm.
b. Lingkungan Industri
Sekarang ini permintaan akan sepeda motor meningkat,hal ini dapat kita ketahui dari keramaian yang ada di jalan raya khususnya penggunaan sepeda motor.Dari pengamatan yang saya lakukan ke beberapa keluarga yang terbilang mampu rata-rata mereka memiliki sepeda motor lebih dari satu unit dan maksimal mereka memiliki sepeda motor berjumlah tiga unit sepeda motor, ini dilakukan atas tuntutan dari buah hatinya dan faktor lain misalnya karena usaha yang dimilikinya.



c. Lingkungan Global
Secara global sebagian besar untuk di negara-negara yang masih berkembang untuk penggunaan sepeda motor masih tinggi kerena pendapatan masyarakatnya atau pendapatan perkapitanya masih rendah dan masih sebagian besar hanya terjakau untuk membeli sepeda motor.Namun untuk tahun 2008 pendapatan masyarakat indonesia sedikit mengalami peningkatan bila dibandingakan tahun 2007.Kemungkinan keadaan seperti itu akan mendorong masyarakat untuk membeli sepeda motor dan juga mestinya dibarengi dengan meningkatnya pembelian helm yang semakin hari makin menarik baik dalam bentuk tampilan,warna dan lain-lain. Berikut kilasan berita mengenai pendapatan masyarakat indonesia dan penjualan helm.
Pendapatan per Kapita Penduduk RI 2008 Capai Rp 21,7 Juta (US$)
17-02-2009
Besaran Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia pada tahun 2008 atas dasar harga berlaku mencapai Rp 4.954 triliun. Sedangkan atas dasar harga konstan (tahun 2000) mencapai Rp 2.082,1 triliun. PDB/PNB (Produk Nasional Bruto) per kapita merupakan PDB/PNB (atas dasar harga berlaku) dibagi dengan jumlah penduduk pertengahan tahun. Demikian data Badan Pusat Statistik, Senin (16/2/2009).

Pada tahun 2008 angka PDB per kapita diperkirakan mencapai Rp 21,7 juta (US$ 2.271,2) dengan laju peningkatan sebesar 23,6 persen dibandingkan dengan PDB per kapita tahun 2007 sebesar R p17,5 juta (US$ 1.942,1).

Sementara itu PNB per kapita juga meningkat dari Rp 16,8 juta pada tahun 2007 menjadi Rp 20,9 juta pada tahun 2008 atau terjadi peningkatan sebesar 24,3 persen.

Besaran PDB ini ini merupakan gambaran tahun 2008 meningkat sebesar 6,1 persen dibanding tahun 2007. Laju pertumbuhan ekonomi tahun 2008 sebesar 6,1 persen didukung oleh sumber utama pertumbuhan komponen ekspor 4,6 persen, diikuti konsumsi rumahtangga 3,1 persen, pembentukan modal tetap bruto 2,6 persen, dan konsumsi pemerintah 0,8 persen

Dari sisi penggunaan, PDB digunakan untuk memenuhi konsumsi rumah tangga sebesar 61,0 persen, konsumsi pemerintah 8,4 persen, pembentukan modal tetap bruto atau investasi fisik 27,7 persen, ekspor 29,8 persen dan impor 28,6 persen.

Semua komponen PDB penggunaan mengalami pertumbuhan pada tahun 2008, dengan pertumbuhan tertinggi pada pembentukan modal tetap bruto sebesar 11,7 persen, diikuti oleh pengeluaran konsumsi pemerintah 10,4 persen, impor 10,0 persen, ekspor 9,5 persen, serta pengeluaran konsumsi rumah tangga sebesar 5,3 persen.(ir/qom)

Sumber : Wahyu Daniel – detikFinance 16 Februari 2009

Penjualan Helm Mulai Naik
Posted on September 28, 2007 by jjfm
Peluncuran program Safety Riding yang berbarengan dengan momen Lebaran ternyata menguntungkan penjual helm. Buktinya, hingga hari ke-15 di bulan Ramadhan, omzet penjualan mereka naik 200 persen. Keadaan ini juga diperkuat dengan banyaknya perusahaan yang mengadakan mudik bersama menggunakan sepeda motor.
Menurut pengamatan reporter JJFM di kawasan Diponegoro, Jumat (28/9), helm yang banyak diburu masyarakat tidak hanya helm standard untuk dewasa, tapi juga helm untuk anak-anak. Harga yang ditawarkan berkisar Rp 20.000-25.000 untuk helm anak dan Rp 40.000-50.000 untuk helm dewasa. Dalam satu hari, penjualan yang diperoleh yaitu Rp 300.000-500.000.
Para pedagang optimis bahwa peningkatan penjualan akan terjadi hingga setelah Lebaran. Diperkirakan H-3 akan menjadi puncak dengan tingkat permintaan 300 persen. Apalagi saat ini bermunculan banyak tipe helm dengan harga bersaing dan kualitas terjamin. (noe)

2.3 RENCANA MANAJEMEN
Dalam rencana ini sebagai tahap awal akan saya kelola secara mandiri dengan melibatkan keluarga terlebih dahulu,dengan seorang ketua dan dua anggota sekaligus sebagai tenaga kerja lansung.Ini saya lakukan sekaligus untuk melatih anggota keluarga agar mampu berwirausaha.Sehingga dengan demikian untuk bila propeknya menigkat pananaman modal baru akan kami tambah.Adapun rencana manajemen yang akan saya lakukan yaitu :

a) Ketua atau Kepala Perusahaan
Ketua sekaligus sebagi pemilik perusahan yang bertugas memantau kinerja para bawahan dalam hal ini yaitu karyawan,serta bertanggung jawab terhadap perusahaan dan karyawan.Karena di dalam usaha ini didirikan dengan sistem kerjasama maka siapa saja kemungkinan bisa menjadi ketua toh juga pengawasan bisa kita lakukan secara bersama-sama.
b) Keuangan
Dalam hal keuangan kita akan melakukan kerjasama sesuai dengan kesepakatan yaitu dengan perbandingan 50% : 50% begitu juga dengan pembagian keuntungan nantinya,Karena di dalam usaha ini sedianya akan saya kelola secara mandiri yaitu sejumlah tiga orang dan sekaligus menjalankan usaha maka secara tidak langsung pengawasan bisa kita lakukan secara bersama-sama.Untuk keuntungan usaha pembagian usahanya dilakukan setelah ada pengurangan untuk kas perusahan sebesar 5% per bulan dan biaya-biaya lainya seperti air,listrik dan lain-lain sisanya baru kemudian di bagi sama rata.
c) Pemasaran
Pemasaran akan saya lakukan yaitu dengan melakukan penyebaran informasi melalui brosur dan internet.

2.4 PROSES PRODUKSI
Lokasi usaha yang akan saya rencanakan yaitu di jalan Jendral Ahmad Yani Singaraja.dengan tempat usaha milik sendiri.Saya memilih tempat ini karena selain ramai lalulintasnya juga tempatnya strategis yaitu terletak diantara dua pasar besar di Singaraja yaitu Pasar Anyar Singaraja dan Pasar Banyuasri Singaraja.
Dalam pelaksaannya nanti pertama helm diterima dari pelanggan lalu diisi kode pengaman yang tidak permanen karena tidak semua helm sama, ada yang bisa kering hanya satu hari bahkan ada pula yang kering sampai memerlukan waktu yang lebih lama.sehingga sebelum melakukan pencucian perlu dilakukn pengecekan sehingga tidak menimbulkan komplin atau protes dari pelanggan.Setelah itu Helm di basahi di cuci dengan sabun khusus untuk mencuci helm atau bisa juga menggunakan sampo dan sabun cair setelah itu di bilas hingga bersih bila perlu di lakukan pencucian dua kali atau lebih kemudian di beri pewangi dengan cara direndam selama lebih kurang lima menit setelah itu di tiriskan kemudian di keringkan dengan bantuan alat pengering (Hair Dryer).Pencucian selesai bila perlu dikeringkan dengan sinar matahari secara tidak langsung karena dengan sinar langsung dari mata hari akan dapat merusak bagian dalam helm,kemudian dilanjutkan dengan pembersihan bagian yang lain.Untuk lebih jelasnya dapat di lihat pada lampiran
2.5 MENGELOLA KARYAWAN
Pengelolaan karyawan harus tertib dan ketat meskipun dilakukan secara bersama-sama.Usaha ini bekerja tiap hari dari pukul 08.00 wita sampai sore pukul 17.00 wita yaitu selama 10 jam.Untuk kedisiplinan pengelolaan agar tidak menimbulkan konflik sebelum menjalankan usaha perlu dilakukan perjanjian secara tetulis dengan saksi yang berwajib,apabila perjanjian disetujui,untuk karyawan yang tidak bekerja selama satu kali di kenakan pengurangan gaji sebesar Rp.1.000,00,dan denda ini akan dijadikan kas perusahaan.
Untuk karyawan yang bekerja lebih dari atau sama dengan 7 jam dimasukan kedalam daftar hadir jika karyawan bekerja kurang dari 7 jam dianggap tidak hadir.
2.6 RENCANA PEMASARAN
a. Target Pasar
Target pasar dari rencana usaha ini yaitu semua lapisan masyarakat pada khususnya bagi yang punya helm,dari helm anak-anak sampai dewasa.


b. Kharakteristik Produk
Hasil yang dihasilkan dijamin memuaskan dengan pembersih khusus helm dan pewangi yang di jamin aman dengan memperhatikan kode ijin edar dari dinas terkait misalnya dari Badan Pengawasan Obat Dan Makanan (BPOM) atau yang lainya.
2.7 RENCANA KEUANGAN
Dalam penyusunan rencana bisnis ini dalam bagian keuangan harus diperhatikan dan diprhitungkan secara matang.Kami selaku pemilik dan saya yang akan terlibat langsung .Kami sepakat untuk mendirikan usaha ini sama-sama mengeluarkan modal sebesar Rp.3.000.000,00.Sehingga rinciannya adalah sebagai berikut.
Modal :
A menyetor Rp 1.000.000,00
B menyetor Rp 1.000.000,00
C menyetor Rp 1.000.000,00
Total modal Rp 3.0000.000,00
Pengeluaran :
Hair Dryer 5@ Rp.500.000,00 = Rp. 2.500.000,00
Deterjen /tahun = Rp. 112.000,00
Pewangi /tahun = Rp. 160.000,00
Lain-lain (sikat dll) = Rp. 228.000,00

Total pengeluaran Rp.3.000.000,00
Saldo Rp.0
Aktivitas usaha diperkirakan dalam sebulan dapat diperoleh pendapatan sebagai berikut.
Misalkan rata-rata pencucian helm dalam sehari 10 buah berarti :
Pendapatan dalam 1 minggu atau 7 hari
7 hari X 10 helm X Rp.5.000,00 = Rp.350.000,00. jadi
Pendapatan dalam satu bulan adalah
Rp.350.000 X 4 minggu = Rp. 1.400.000,00
Catatan
Pembukuan dicatat tiap periode yaitu 1 bulan
Pendapatan per bulan = Rp.1.400.000,00
Pengeluaran rata-rata per bulan :
a. Pemotongan kas 5% x Rp.1.400.000,00 = Rp. 70.000,00
b. Biaya listrik = Rp.150.000,00
c. Biaya air = Rp.134.000,00
d. Biaya lain-lain = Rp 50.000,00
Total pengeluaran Rp.404.000,00
Saldo Rp.996.000,00
Pendapatan bersih per bulan yaitu Rp 996.000,00 jadi setiap karyawan mendapat bagian pendapatan (Rp.996.000,00 : 3 ) sebesar Rp 332.000,00 per orang
Dari data di atas dapat disimpulkan bahwa dalam setahun :
a. Tiap pemilik yang sekaligus sebagai operasional perusahaan rata-rata mendapat pendapatan bersih dari perusahaan yaitu sebesar
12 x Rp. 332.000 = Rp.3.984.000,00
b. Kas perusahaan akan bertambah sebesar(12 x70.000) = Rp.840.000
c. Karena pendapatan bersih tiap-tiap orang/pemilik per tahun Rp.3.984.000,00 maka dalam setahun tersebut modal sudah dapat dikatakan kembali sebesar Rp.1000.000,00 dan sisanya Rp.2.984.000,00 tersebut merupakan hasil dari penanaman modal masing-masing orang itu sendiri sebesar Rp.1.000.000,00 dalam setahun.
d. Jumlah kas yang dimiliki oleh perusahaan yaitu :
Kas per tahun bertambah Rp. 840.000,00
Sebagai catatan juga bahwa jumlah kas per tahun di atas kemungkinan besar akan bertambah,pertambahan ini disebabkan oleh pemotongan gaji karyawan/pengelola khususnya bagi yang tidak hadir bekerja,yang sudah dijelaskan secara rinci diatas pada bagian Bab 2 sub bagian 2.5 mengenai pengelolaan karyawan.
Dengan gambaran rencana bisnis diatas sekiranya dapat menjadi sebuah inspirasi untuk mulai berwira usaha dan menanamkan modal sehingga penganguran dapat tertanggulangi meski masih dalam skala kecil.

LAMPIRAN
Tips Mencuci Helm
- Visor / kaca helm dicuci hanya dgn menggunakan air dan sabun cair ( sabun cuci tangan atau cuci piring juga boleh ). Gosoklah menggunakan telapak tangan ( tidak perlu pakai lap atau sikat ). Jangan menggunakan cairan kimia (alkohol, dll). Kemudian keringkan dengan kain lap yang lembut & kering. Hindari pengunaan tisu untuk mengelapnya.

- Busa bagian dalam yang dapat dilepas juga dapat dicuci menggunakan sabun cair atau shampo (mild soap/shampoo). Hindari menggunakan deterjen, karena dapat merusak lapisan perekat / lem. Juga bisa menimbulkan bau kurang sedap bila tidak dibilas dengan bersih. Jangan direndam terlalu lama! 5-10 menit sudah cukup. Untuk helm yang busanya tidak bisa dilepas, sebaiknya langsung direndam ke dalam seember air. jangan lupa untuk melepas kaca / visornya terlebih dulu.

- Hindari sinar matahari langsung ketika mengeringkan. Trik lainnya bisa memakai hembusan hawa panas dari belakang AC di rumah. Atau kalau mau lebih cepat kering bisa dibantu dengan menggunakan hair-dryer


- Lapisan EPS / styrofoam bagian dalam cukup dibersihkan dengan lap dan sedikit air.
Hindari menggunakan bahan kimia (alkohol, dll).


- Membersihkan batok / shell helm juga sama seperti membersihkan visor.
Gunakan cotton bud atau sikat gigi kecil untuk membersihkan ventilasi helm.

- Batok / shell helm juga boleh dipoles menggunakan wax atau cairan poles lainnya (Kit, Meguiars, dll)


- Bersihkan bagian ratchet / engsel / mekanisme kaca helm menggunakan minyak silikon (silicone oil/spray). Silicone oil juga berguna sebagai pelumas mekanisme yang bergerak.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar